Berbagi Info Tips Memilih Jurusan di SMA | IPA atau IPS ? Terbaru 2017 Gratis

Sedikit Info Seputar Tips Memilih Jurusan di SMA | IPA atau IPS ? Terbaru 2017 - Hay gaes kali ini team Android Game Reloaded, kali ini akan membahas artikel dengan judul Tips Memilih Jurusan di SMA | IPA atau IPS ? , kami selaku Team Android Game Reloaded telah mempersiapkan artikel ini untuk sobat sobat yang menyukai Android Game Reloaded. semoga isi postingan tentang Artikel Sekolah Menengah Atas, Artikel Tips and Trick, yang saya posting kali ini dapat dipahami dengan mudah serta memberi manfa'at bagi kalian semua, walaupun tidak sempurna setidaknya artikel kami memberi sedikit informasi kepada kalian semua. ok langsung simak aja sob
Judul: Berbagi Info Seputar Tips Memilih Jurusan di SMA | IPA atau IPS ? Full Update Terbaru
link: Tips Memilih Jurusan di SMA | IPA atau IPS ?
"jangan lupa baca juga artikel dari kami yang lain dibawah"

Berbagi Tips Memilih Jurusan di SMA | IPA atau IPS ? Terbaru dan Terlengkap 2017

TIPS MEMILIH JURUSAN DI SMA/MA ( IPA or IPS ??? )
  
Tips Memilih Jurusan di SMA | IPA atau IPS ?
Hai guys !, bagi kalian yang berada di kelas 9 SMP/MTs, tentu selanjutnya akan memasuki jenjang pendidikan yang lebih tinggi ke Sekolah lanjutan tingkat atas (SLTA), baik itu SMA, MA, SMK, MAK atau mungkin STM. Nah, disinilah kalian nantinya akan dihadapkan dengan yang namanya penjurusan.

Jurusan sendiri merupakan suatu tempat bagi seorang pelajar yang mana tempat tersebut disesuaikan dengan bakat, minat, dan kemampuannya, sehingga dalam hal ini penjurusan sangat penting atau besar dampaknya bagi masa depan seseorang. Penjurusan ini akan menfokuskan kita dalam mempelajari ilmu pengetahuan sesuai dengan bakat dan minat yang kita punya guys. Tapi walaupun demikian, tidak sedikit juga pelajar yang di buat kebingungan dalam menentukan jurusan apa yang harus mereka pilih, termasuk gue dulu guys.

Banyak hal yang membuat pelajar bingung dalam memilih jurusan mana yang akan mereka masuki. Seperti misalnya, banyak pelajar yang baru lulus dari SLTP yang belum paham tentang apa penjurusan itu sendiri, juga belum mengetahui minat, bakat dan potensi yang dimiliki maupun belum adanya kebulatan tekad dalam menentukan karirnya di masa depan, serta berbagai hal lainnya. Karena berbagai hal itu, banyak diantara pelajar yang akhirnya memilih jurusan berdasarkan pertimbangan yang salah, seperti ikut-ikutan teman, kemudahan dalam belajar, gengsi pada suatu jurusan tertentu, maupun hanya karena ketertarikan sesaat. Akibatnya saat di tengah jalan kita merasa tidak nyaman belajar di jurusan tertentu alias salah pilih jurusan. Aduh..., hati-hati guys !, jangan sampai loe salah milih jurusan, karena hal ini dapat berpengaruh pada masa depan loe.
WARNING !!!
“JANGAN SAMPAI SALAH PILIH”
Oleh karena hal diatas, gue akan shere beberapa tips memilih jurusan di SLTA, terutama di SMA/MA, khususnya IPA dan IPS yang gue tulis berdasarkan pengalaman pribadi gue yang pernah kebingungan, bahkan sampai salah milih jurusan dan akhirnya bisa menentukan pilihan yang tepat guys. OK, langsung saja tipsnya, Check this out...

1.   KENALI KARAKTERISTIK MASING-MASING JURUSAN
Di SMA/MA pada umumnya terdapat empat jurusan yang dapat kita pilih, diantaranya :

1)      Jurusan IPA/MIA (Matematika dan Ilmu Alam)
Jurusan IPA disini adalah jurusan yang mempelajari atau mengungkap mengenai gejala-gejala alam dengan menerapkan langkah-langkah ilmiah agar siswa paham dan menguasai konsep alam. Ruang lingkup IPA yaitu makhluk hidup, energi dan perubahannya, bumi dan alam semesta serta proses materi dan sifatnya.
2)      Jurusan IPS/IIS (Ilmu-ilmu Sosial)
IPS merupakan suatu ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia dan mempelajari manusia sebagai anggota masyarakat.
3)      Jurusan IPB (Bahasa)
IPB merupakan suatu ilmu yang berkaitan dengan ilmu kebahasaan baik dari segi bentuk bahasa, unsur bahasa, dan sampai budaya terbentuknya sebuah bahasa.
4)      Jurusan IAI/IPK (Ilmu Agama Islam)
Jurusan IPK adalah Jurusan khusus atau khas Madrasah Aliyah. Jurusan ini Fokus pada pembahasan berbagai ilmu keagamaan (islam), seperti Fikih, Al-quran daan Hadist, Akidah Akhlak, Ilmu Kalam dan ilmu-ilmu agama lainnya.

Nah, kali ini kita akan fokus pada jurusan IPA dan IPS saja. Karena dua jurusan tersebut hampir pasti ada di semua SMA/MA, sedangkan untuk jurusan IPB (Bahasa) tidak selalu ada di SMA/MA, apalagi IPK/IAI yang hanya ada di MA. Selain itu, dua jurusan ini, IPA dan IPS sering megundang perbedaan pendapat dan pandangan mengenai mana yang lebih baik diantara keduanya (IPA or IPS ???).

OK, sebelum loe milih salah satu diantara dua jurusan itu (IPA atau IPS), ada baiknya loe cari tahu dulu karakteristik masing-masingnya. Berikut adalah profil dari jurusan  IPA dan IPS :

a.      Profil Jurusan IPA/MIA
  1. Mempelajari ilmu pasti, alam dan eksak.
  2. Identik dengan metode ilmiah yang mengutamakan logika.
  3. Jawaban atas pertanyaan soal adalah pasti dan tidak bisa diganggu gugat.
  4. Perlu waktu dan suasana khusus (konsentrasi tinggi) untuk mempelajari IPA.
  5. IPA terdiri dari empat aspek, yaitu Matematika, Fisika, Kimia dan Biologi.
  6. Contoh prodi (juruan) IPA (Saintek) di perguruan tinggi adalah Kedokteran, Farmasi, Teknik (Mesin, Sipil, Tambang dll), Keperawatan, Arsitektur, Agribisnis, Matematika, Fisika, Kimia, Biologi dan lainnya.
  7. Profesi di bidang IPA (Saintek) lebih banyak bekerja di dalam ruangan, seperti dokter, ahli mesin, dll.
  8. Banyak siswa IPA, yang akhirnya memilih jurusan IPS ketika kuliah.

b.      Profil jurusan IPS/IIS
  1. Mempelajari segala sesuatu yang berhubungan dengan masyarakat
  2. Pembelajarannya membutuhkan penalaran dan kekrtitisan dalam berpikir
  3. Informasi kemasyarakatan terus berkembang setiap hari, sehingga harus rajin membaca
  4. IPS terdiri dari beberapa aspek, seperti Sosiologi, sejarah, Geografi, Ekonomi dan Ilmu-ilmu sosial lainnya
  5. Contoh prodi (juruan) IPS (Soshum) di perguruan tinggi adalah Politik, Ilmu Hukum, Ilmu Komunikasi, Sastra (indonesia, inggris, Prancis, Jepang dll), Bisnis dan Manajemen, Hubungan Internasional, Akuntansi, Disain grafis, Jurnalistik dan lainnya.
  6. Profesi di bidang IPS (Soshum) misalnya seperti Diplomat, Pengacara, Jurnalis, Reporter, jaksa, Hakim, Politikus, Akuntan, Menejer, Sastrawan daan sebagainya.

Setelah mengetahui profil masing-masing jurusan, maka selanjutnya loe harus ...

2.   Know Your Self !
Tips Memilih Jurusan di SMA | IPA atau IPS ?
Yups, selanjutnya loe harus tahu siapa diri loe. Ini penting banget guys, kerena untuk mengetahui apa loe cocok atau tidak di suatu jurusan (IPA atau IPS), terlebih dahulu loe harus tahu orang seperti apa diri loe. Ingat !, loe akan ada di jurusan itu selama 3 tahun kedepan  guys. Jadi, jangan sampai loe merasa gak nyaman di tengah jalan dan akhirnya sadar kalau loe berada di jurusan yang salah, kerena memang gak ada kecocokan antara loe dan jurusan yang loe pilih, dan itu akan berdampak buruk pada pembelajaran yang loe jalani.

Jadi, sebelum memilih, loe harus tahu karakter lo dan mencocokannya dengan karakter jurusan yang ada. Misalnya, Kalau loe cenderung gak mudah percaya, suka tantangan, jago di hitungan, punya abstraksi yang tinggi dan tipe orang yang serius, maka IPA is a good choice. Tapi kalau loe cenderung punya ingatan yang kuat, punya rasa sosial tinggi, mudah bergaul, dan pede, maka IPS is a good choice.

Tapi, bagaimana kalau loe termasuk dalam keduanya (IPA dan IPS) ?, atau loe bukan dua-duanya ?. Maka yang harus loe lakukan adalah...

3.   Kenali Minat dan Bakat Loe !
Tips Memilih Jurusan di SMA | IPA atau IPS ?Menurut gue pribadi, minat itu adalah suatu hal di mana saat loe melakukannya maka waktu terasa cepat berlalu dan loe senang melakukan hal itu. Loe juga gak akan ragu atau kasihan ngeluarin banyak uang supaya loe bisa melakukan sesuatu yang menjadi minat loe itu. Misalnya, loe punya minat pada game dan terobsesi untuk menjadi gamer yang hebat. Karna loe punya minat di game, loe merasa waktu cepat berlalu saat loe main game, dan loe juga gak kasihan kalau harus ngeluarin uang yang banyak untuk beli PC yang bagus supaya  menunjang kualitas permainan loe. Jadi, cari tahu apa yang menjadi minat loe dan lihat di jurusan mana yang cocok buat mengembangkan minat loe itu.

Begitu juga dengan bakat, loe bisa jadikan bakat loe sebagai perhitungan dalam memilih jurusan tertentu. Pada intinya bakat adalah sesuatu yang menjadi keahlian loe atau sesuatu yang menonjol dari diri loe.

Misalnya, kalau loe punya minat di eksak dan jago di hitungan, maka pilihlah IPA. Tapi, kalau loe punya minat di hal-hal yang berbau sosial, seperti ekonomi dan politik, dan loe juga hebat dalam berdebat, berorasi atau berbahasa, maka IPS lebih baik.
Untuk lebih jelasnya, kalian bisa baca artikel “Tips Mengenali Minat dan Bakat” (click here) yang pernah gue tulis sebelumnya.

4.   Ketahui Rencana Kuliah dan Karir di Masa Depan
Tips Memilih Jurusan di SMA | IPA atau IPS ?
Setelah SMA/MA, tentu selanjutnya loe akan melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi ke Perguruan Tinggi. Dan kalau loe ingin sukses di bangku kuliah, maka loe perlu mempersiapkannya sejak di bangku SMA/MA. Seperti yang gue bilang sebelumnya, pemilihan jurusan di SMA/MA akan sangat berpengaruh pada masa depan loe, termasuk dalam memilih prodi di Perguruan Tinggi nantinya. Jadi, jangan sampai pada saat loe akan memilih jurusan di seleksi masuk Perguruan Tinggi, loe baru sadar kalau loe salah jurusan SMA/MA.

Rencana Kuliah akan sangat berhubungan dengan pilihan karir loe di masa depan. Jadi, sebelum membuat rencana kuliah, loe harus punya cita-cita tentang karir impian loe di masa depan. Misalnya, loe bercita-cita untuk menjadi seorang dokter, maka untuk mewujudkan itu loe harus masuk jurusan Ilmu Kedokteran di Perguruan Tinggi. Nah, untuk mempersiapkan itu semua, loe harus memilih jurusan yang tepat saat di bangku SMA/MA. Kalau cita-cita loe dokter, ya IPA tempatnya. Begitu juga kalau loe punya cita-cita jadi Pengacara, ya IPS adalah tempat yang tepat. Jangan sampai loe di SMA/MA milih jurusan IPS, dan tiba-tiba di Perguruan Tinggi loe mau masuk Ilmu Kedokteran, begitu juga dengan di SMA/MA loe masuk IPA, eh, di Perguruan Tinggi loe malah pengen masuk Jurusan Hukum, kan gak nyambung guys. Memang sih sekarang bisa lintas jurusan di perguruan tinggi, tapi kan kita bakal di bikin bingung pas jawab soal SBMNPTN yang gak pernah kita pelajari sebelumnya. Belum lagi ilmu yang kita pelajari selama di SMA/MA akan mubazir guys, kan sayang.
Jadi, pikirkan baik-baik apa cita-cita loe di masa depan, jangan sampai loe Salah Jurusan !.

5.   Diskusikan Dengan Orang Tua
Juga sangat penting bagi loe untuk mendiskusikannya dengan orang tua atau keluarga, Karena mereka juga punya pendapat tentang apa yang terbaik untuk anaknya. Diskusikan dengan orang tua loe tentang pemilihan jurusan dan minta pendapatnya. Jika ia tidak setuju dengan jurusan tertentu yang loe sukai karena alasan ada jurusan lain yang lebih baik atau orang tua loe ingin loe masuk jurusan yang menjadi pilihannya, maka loe harus pertimbangkan pendapatnya. Tapi, kalau loe sama sekali gak berminat dengan jurusan pilihannya dan punya pilihan sendiri yang loe minati, maka bicarakan baik-baik dengan orang tua loe. Berusaha lah untuk membujuk dan menjelaskan minat loe pada jurusan yang menjadi pilihan loe itu. Karena, yang akan menjalaninya adalah loe, bukan orang tua loe.

6.   Jangan Ikut-ikutan Teman !
Ada juga pelajar yang memilih suatu jurusan tertentu hanya karena teman dekatnya juga memilih jurusan yang sama, dengan alasan solidaritas dalam persahabatan. Menurut gue, solid dalam pertemanan bukan berarti loe harus selalu bareng sama dia.

Ikuti kata hati loe !, jangan sampai loe terjebak dalam jurusan yang tanpa loe sadari sebenarnya loe kurang nyaman belajar di sana. Kalau loe pilih jurusan Cuma karna ikut-ikutan, itu berarti loe belum punya rencana yang matang buat masa depan loe, dan loe masuk dalam rencana teman loe. Jadi buat rencana loe dan jalan di jalan yang sesuai dengan rencana loe. Karena orang yang tidak punya rencana akan masuk dalam rencana orang lain, alias ikut-ikutan.

7.   Jangan Terpengaruh Pada Isu-isu Tidak Jelas Tentang Suatu Jurusan Tertentu
Ini adalah mengenai anggapan-anggapan sebagian orang yang salah mengenai jurusan tertentu, terutama IPA dan IPS. Banyak orang yang beradu anggapan bahkan bisa sampai berdebat mengenai mana yang lebih baik antara jurusan IPA atau IPS. Dalam hal ini, IPS lebih sering direndahkan. Beberapa anggapan salah mengenai  Jurusan IPA maupun IPS, misalnya ...
IPA belajar serius _ IPS belajar santai
IPA lebih bergengsi daripada IPS  
IPA bisa masuk semua jurusan saat kuliah _ IPS Cuma bisa SOSHUM 
Prospek kerja jurusan IPA lebih bagus daripada IPS, dll 
Bagaimana menurut kalian guys ?, kalian setuju atau tidak ?. Menurut gue itu semu SALAH BESAR. Pertama, di IPS bukan belajar santai, tapi pelajarannya membutuhkan penalaran dan kekritisan dalam berpikir. Dan soal belajar serius atau gak seriusnya bukan karena jurusannya. Tapi, tergantung siswanya sendiri  belajarnya serius atau gak.

Kedua, soal anggapan kalau IPA lebih bergengsi dari IPS itu salah guys. Perbedaan diantara keduanya memang ada, tapi bukan secara vertikal, melainkan perbedaan secara harizontal.

Ketiga, sekarang jurusan IPA maupun IPS, bebas untuk memilih jurusan SAINTEK atau SOSHUM di Perguruan Tinggi. Selama mereka bisa menjawab soal SBMPTN dengan baik dan bisa bersaing, maka apapun jurusan kalian, kalian akan lulus selama kalian mampu.
Dan mengenai siapa yang lebih berpeluang untuk sukses, itu tergantung usaha masing-masing individu. Jadi, sukses atau tidaknya loe tergantung pada semangat usaha dan komitmen yang loe punya, bukan karena jurusan IPA atau IPS yang loe ambil. Jadi, jangan mudah terpengaruh pada hal-hal yang demikian. Jika loe merasa itu adalah jalan yang tepat untuk rencana loe, maka pilih jurusan itu. Jangan terpengaruh pada isu-isu tentang mana yang lebih baik atau lebih buruk, karena IPA atau IPS SAMA SAJA, yang membedakannya adalah rencana masing-masing orang yang memilih jurusan itu.

OK, sekian Tips Memilih Jurusan di SMA/MA terutama IPA or IPS ??? dari gue. Semoga bermanfaat dan membantu menjawab keraguan atau kebingungan loe dalam memilih jurusan di SMA/MA. Jika ada kekurangan dan kesalahan, mohon koreksinya di komentar.

Apabila ada hal-hal yang ingin ditanyakan, silahkan hubungi saya di :

Semoga Bermanfaat :)

Note :
Jangan Lupa INVITE PIN Saya 5D82419E, agar kita bisa berteman dan saling berbagi Ilmu Yang Bermanfaat :) Aamiin
Yuk kita saling bersilaturahmi, Invite 5D82419E

Itulah sedikit Artikel Tips Memilih Jurusan di SMA | IPA atau IPS ? terbaru dari kami

Semoga artikel Tips Memilih Jurusan di SMA | IPA atau IPS ? yang saya posting kali ini, bisa memberi informasi untuk anda semua yang menyukai Android Game Reloaded. jangan lupa baca juga artikel-artikel lain dari kami.
Terima kasih Anda baru saja membaca Tips Memilih Jurusan di SMA | IPA atau IPS ?
Mohon Aktifkan Javascript!Enable JavaScript